Sajak ‘Hujan Bulan Juni’ Diterjemahkan ke Bahasa Mandarin

Kanesia.com, Jakarta – Sapardi Djoko Damono, siapa yang tak mengenal orang ini? seorang sastrawan terkenal dengan puisi-puisinya yang sederhana. Karyanya telah memenangkan hati para pembaca melalui rangkaian kata menelusup ke dalam nurani.

Sederetan karya masyhur membawa Sapardi menjadi salah satu pujangga terbaik Indonesia yang pernah ada. Namun siapa yang menyangka, di usia 77 tahun karya-karya miliknya mendapat sambutan apresiasi yang sangat besar, tidak hanya di dalam negeri tetapi hingga keluar Indonesia.

Belum lama ini, salah satu karya terkenalnya, kumpulan puisi Hujan Bulan Juni diterjemahkan dalam bahasa Mandarin. Berlokasi di Gramedia Central Park, ia memulai peluncuran buku puisi Hujan Bulan Juni edisi dwibahasa Indonesia-Mandarin. Rabu, 1 November 2017.

Kebahagiannya tersebut disebabkan karyanya mulai dikenal oleh beragam bahasa. “Lama-lama sajak kita dikenal negara lain,” tuturnya.

Sapardi juga menambahkan bahwa pada tahun 1986, karyanya telah diterjemahkan dalam bahasa Jepang. “Pernah terbit di Tokyo tapi jadi masalah karena saya tidak diberi tahu,” tuturnya sambil tertawa.

“Kemudian tahun lalu terbit juga dalam bahasa Arab di Mesir,” kata Sapardi yang enggan mempermasalahkan hal tersebut.

T.F Chan selaku penerjemah mengaku tidak sekedar menerjemahkan sajak-sajak dalam buku Hujan Bulan Juni. Namun, ia dengan telaten menerjemahkan setiap puisi agar enak untuk dibaca. Pasalnya, tidak semua puisi dapat dengan mudah diterjemahkan.

Kendala tentu saja dihadapi TF. Chan saat melakukan penerjemahan. Menurutnya, bukan hanya harus mengerti tetapi pemilihan sajak tetapi juga harus bisa diterjemahkan dan enak dibaca oleh masyarakat Thionghoa, “karena banyak juga kosakata yang tidak dapat diterjemahkan langsung ke bahasa Mandarin,” tuturnya.

Buku ‘Hujan Bulan Juni’ sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa seperti bahasa Inggris, Jepang, Arab, dan Mandarin. Selain kumpulan sajak dalam buku ‘Hujan Bulan Juni’, karya-karya sastrawan Sapardi Djoko Damono telah diterjemahkan dalam berbagai macam bahasa seperti Perancis, Jerman, Belanda, Jawa, Bali, Italia, Portugis,Korea, Tagalog, Thai, Malayalam, Rusia, dan Urdu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *