Memilih Merantau Ke Jakarta, Persiapkan Beberapa Hal Berikut Ini

Kanesia.com – Menjadi seorang perantau merupakan hal yang menarik sekaligus penuh tantangan. Merantau ke sebuah kota besar bukanlah perkara mudah apalagi jika kota itu bernama Jakarta. Kota besar dengan tingkat kepadatan yang relatif tinggi seperti Jakarta adalah piliihan beberapa orang sebagai tanah rantau dengan sebuah harapan mendapatkan pekerjaan atau menempuh pendidikan yang lebih baik.

Lebih jauh bisa dikatakan Jakarta sebagai Ibu Kota Negara memang jika dibandingkan dengan beberapa kota lainnya dari segi fasilitas lebih lengkap, mulai gedung perkantoran, akmodasi hotel, makanan, pusat bisnis dan perbelanjaan dan ini juga tentunya menjadikan lapangan kerja lebih banyak.

Bagi pencari kerja, Jakarta adalah pilihan yang menggiurkan selain lapangan kerja yang tersedia banyak juga penghasilan dan Upah di Jakarta relatif tinggi.

Nah, bagi kalian yang telah memutuskan dengan sepenuh hati dan niat untuk menetap, merantau di Ibu Kota kalian perlu mengenali dengan baik beberapaa hal agar setidaknya ada persiapan awal ya.

1. Luruskan niat dan siapkan mental sebaik-baiknya

Yang paling penting dari semua sebelum memulai adalah niat, tetapkan dengan teguh niat yang baik dan lurus ya agar semua yang ingin kita gapai tidak mudah goyah oleh rayuan sana sini. Setelah niat teguh dalam hati hal selanjutnya adalah persiapkan mental sebaik-baiknya untuk menghadapi segala kemungkinan, tantangan dan peluang.

Sebagaimana kita sama-sama pernah dengar bahwa Jakarta merupakan tanah yang dihuni oleh lapisan dan kelas masyarakat yang beragam. Mulai dari Konglomerat, orang kaya biasa, orang menengah, hingga miskin. Selain itu kalian akan temui berbagai macam karakter, watak dan kepribadian yang berbeda-beda tiap waktunya. Oleh karena itu mental perlu matang untuk menghadapi adaptasi yang tidak mudah, seperti belajar mengenal budayanya, bahasa dan lain sebagainya.

2. Carilah referensi, Kenali Kehidupan Jakarta

Hal yang tak kalah penting selanjutnya adalah mengenali terlebih dahulu kehidupan Jakarta sebagaimana pepatah mengatakan “Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya” yaitu satu aturan di suatu daerah bisa berbeda dengan aturan di daerah lain, setiap negeri atau bangsa berlainan adat kebiasaannya.

Penting untuk menggali informasi lebih banyak mengenai daerah yang baru sebelumnya ya, agar proses adapatasi dapat mudah dan cepat. Sebagi contoh, beberapa hal yang kalian perlu tahu dan cari sedetil mungkin seperti sarana transportasi, lingkungan tempat tinggal, adat istiadat, budaya hingga fasilitas seperti tempat olahraga, pusat kesehatan hingga pasar.

3. Merinci daftar pengeluaran 

Satu lagi yang tak kalah penting adalah dana awal yang akan digunakan di Jakarta. Perlu perincian sederhana untuk menghitung segala kebutuhan yang harus dipenuhi, seperti pengeluaran tempat tinggal, biaya makan, transportasi, dan sebagainya.

Buatlah rincian pengeluaran, hitung detail biaya yang harus kamu gunakan untuk seminggu atau sebulan, prediksi berapa lama sebelum kamu mendapatkan pekerjaan.

4. Belajarlah bergaul, temukan sahabat seperjuangan

Jangan terlalu menutup diri dengan pergaulan, namun juga carilah teman yang baik untuk diajak berjuang, Hidup di Jakarta menuntut orang harus pandai dan luwes dalam pergaulan. Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain kan, jadi kalian jangan ragu untuk bergaul, namun juga perlu diingat jangan sampai kebablasan dalam pergaulan yang menyesatkan.

Demikianlah beberapa hal penting yang perlu untuk dilakukan ketika telah memutuskan untuk merantau. Merantau kata orang bijak mengajarkan banyak hal, dan yang paling terasa saat merantau adalah rindu, itu pasti,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *