KKN Tematik Unhas “Curi” Ilmu Di KPK

Foto: BELAJAR, Peserta KKN Tematik Unhas sedang mengerjakan tugas di salah satu kedai kopi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, 21 Agustus 2017/ Kanesia.com

Kanesia.com, Jakarta – Masa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tinggal menghitung hari. Banyak ilmu dan pengalaman berharga yang berhasil didapat dari lembaga anti rasuah ini.

Hal itu disampaikan oleh salah seorang dari 21 peserta KKN Tematik Anti Korupsi Unhas angkatan pertama. “KPK mengajarkan kami untuk berpikir sebelum bertindak,” Kata Harmiawati Wewi kepada Kanesia.com di salah satu kedai kopi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat 21 Agustus 2017.

Menurutnya, selama menjadi peserta KKN Tematik, Ia banyak mendapat pelajaran tentang bagaimana cara kerja organisasi profesional. Pekerjaan harus direncanakan berbasis riset. Jelas dan terukur. Tidak asal membuat acara seremoni atau menggugurkan kewajiban.

“Saya kaya’ berangkat dari awal. Karena semuanya harus serba detail, tidak boleh asal jadi,” ujarnya dalam dialek khas Bone, Sulawesi Selatan.

Namun, Ia juga tak menampik kalau di dalam lembaga ini terdapat juga kekurangan. Seperti banyaknya unit yang terkesan bekerja sendiri-sendiri untuk tujuan yang sama. Sehingga informasi yang ditawarkan ke publik, terlihat tidak terintegrasi dengan baik.

” Misalnya, setiap unit ada media tersendiri untuk mensosialisasikan program kerja. Kesannya terlalu banyak corong ke publik. Tapi saya kira itu masih dalam batas yang bisa diperbaiki, ” ungkapnya.

Lebih lanjut, Mahasiswi semester 7, Ilmu Politik Fisip Unhas ini juga mengatakan Kalau selama beberapa Minggu di KPK ia sudah bertemu dengan beberapa tokoh nasional, diantaranya Mahfud MD, Fadli Zon.

“Saya kurang tahu pasti mereka datang untuk apa. Tapi yang jelas saya liat di gedung lama. Yah, mungkin menjenguk tahanan,” ujarnya.

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *