Inilah Deretan Pemain Sepak Bola Indonesia Yang Diabadikan Lewat Patung

Kanesia.com – Pahlawan sepakbola umumnya disematkan kepada mereka yang sudah mengangkat harkat dan martabat tim atau daerahnya lewat sepakbola. Aksi-aksi heroiknya dibuktikan lewat kocekan bola di lapangan hijau. Sebagai bentuk penghormatan atas dedikasinya pemain akan diabadikan lewat sesuatu yang bisa dikenang, salah satunya patung, sekalipun pemain itu masih hidup.

Selain itu, banyak pula sosok pahlawan sepak bola nasional yang membawa nama harum indonesia dikancah dunia lewat sepak bola, tetapi seakan nama mereka terlupakan dan melalui seni patung ini penulis mencoba mengenalkan sosok pahlawan Sepak Bola Nasional lewat patung Pemain Sepak Bola Indonesia .

Berikut nama pemain bola Indonesia yang diabadikan lewat patung :

  1. Patung Pahlawan Sepak Bola di Bandung

Dikota Bandung letaknya di persimpangan jalan Tamblong berdiri sesosok patung Manusia yang sedang bermain bola. Walaupun masih simpang siur tentang siapa tokoh patung tersebut akan tetapi patung tersebut dibuat untuk mengenang tokoh pahlawan sepak bola yang berjasa untuk kota bandung dan Indonesia. Ada yang menyebut bahwa patung tersebut adalah tokoh pahlawan sepak bola yang bernama Ajat Sudarajat karena pada era tahun 90-an prestasi Sepak Bola Bandung tak lepas dari peran tokoh Ajat Sudrajat yang mampu membawa Persib menjadi juara perserikatan. Adapula yang menyebut bahwa tokoh patung tersebut adalah Robby Darwis bek legendaris Persib dan Timnas Indonesia yang ada dimassanya. Patung sosok pahlawan sepak bola bandung tersebut disebut sebagai patung tokoh sepak bola pertama yang ada di Asia. Masyarakat Bandung terutama bobotoh sebutan supoter persib bandung sangat menghormati patung tersebut setiap tahun pada hari jadi Persib Bandung ribuan bobotoh berkumpul disekitaran patung dan melakukan ritual memadikan patung tokoh sepak bola tersebut.

2. Patung Ramang di Makassar

Ramang adalah tokoh legenda hidup dan sosok pahlawan sepak bola nasional era tahun 50-an,sosoknya yang sederhana bisa dibilang jauh dari kehidupan pemian Sepak Bola Indonesia era sekarang. Selain berprofesi sebagai atlet Ramang juag tercatat berprofesi sebagai kenek truk dan tukang becak, namun untuk bangsa ini melalui sepak bola Ramang mengabdikan dirinya sepenuh hati demi kebanggan Indonesia dikancah Dunia. Saat era Ramang Timnas Indonesia menjadi perhatian Dunia sepak bola. Bersama Timnas banyak gelar bergengsi yang sudah dicapainya, Timnas Indonesia kala itu menjadi Macan Asia yang ditakuti dengan strikernya bernama Ramang. Bahkan Fifa pernah menulis pada situs resminya menyebut bahwa Ramang adalah sosok orang Indonesia yang menginspirasi kesuksesan tahun 1950-an. Walaupun bentu patung ramang  kurang sempurna akan tetapi patung tersebut sebagai tanda sesosok penghormatan pahlawan sepak bola makasar yang ditempatkan di Lapangan karebosi Makassar.

3. Patung Ribut Waidi Di Semarang

Dialah Ribut Waidi, pahlawan sepak bola asal Semarang di tahun 80-an. Ribut adalah pemain terbaik pada final perserikatan tahun 1987 ketika Semarang mengalahkan Persebaya. Dia Pencetak satu-satunya gol ke gawang Malaysia pada final SEA GAMES di tahun yang sama. Kemenangan itu memberikan emas pertama untuk cabang olahraga sepak bola Sea Games.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *