Ini Hasil Survei Terbaru Pilkada Jawa Barat 2018

Kanesia.com, Jakarta – Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) kembali merilis survei seputar kontestasi Pilkada Jawa Barat 2018. Temuan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dipresentasikan di Jakarta, 2 November 2017 mengunggulkan nama Ridwan Kamil yang berada di urutan teratas.

Penelitian ini dilakukan pada akhir September hingga awal Oktober 2017, dengan 820 responden yang ditarik dengan menggunakan metode multi-stage random sampling di Jawa Barat dengan margin of error 3,5 persen, pada tingkat kepercayaan 95%.

Sebagaiman diketahui, posisi Jawa Barat sangat krusial mengingat 18 % pemilih nasional bermukim di provinsi ini. Berkaca pada hasil pilpres tahun 2014, dukungan gubernur kepada calon presiden merupakan faktor penting. Saat itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendukung Prabowo Subianto dan terbukti Prabowo menang di Jawa Barat.

Oleh karena itu, partai politik akan melihat persoalan pilkada Jawa Barat sebagai lumbung suara menjelang Pilpres kedepan.

Dalam simulasi semi terbuka (daftar nama 27 calon untuk dipilih, dan boleh memilih nama lainnya), menempatkan Ridwan Kamil pada posisi teratas yakni 34,1%, selanjutnya Deddy Mizwar 15,5%, Dede Yusuf Macan Effendi 9,9%, Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) 6%, Dedi Mulyadi 5,6%, dan nama-nama lain di bawah 4%. Yang belum tahu sekitar 11%.

Begitu halnya dengan pertanyaan spontan (top of mind), Ridwan Kamil mendapatkan dukungan terbanyak, 16,8%, disusul Deddy Mizwar 3,8%, Dedi Mulyadi 2,2%, Abdullah Gymnastiar 1,5%, sementara nama-nama lain masih di bawah 1%.

Sedangkan dalam hal elektabilitas, yang juga melacak tingkat kedikenalan dan kedisukaan masing-masing tokoh. Dalam hal kedikenalan (awareness), menempatkan Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) adalah tokoh yang paling banyak dikenal (95%), selanjutnya Deddy Mizwar (93%). Sementara Ridwan Kamil baru dikenal 77%, masih kalah dikenal dibanding Desi Ratnasari 87% dan Dede Yusuf 87%. sementara Dedi Mulyadi baru dikenal 50%.

Sementara untuk tingkat kedisukaan (likeability), Ridwan Kamil memeroleh angka tertinggi. Dari 77% warga yang mengenalnya, 92% di antaranya mengaku menyukainya. Sementara Deddy Mizwar disukai 88% dari yang mengenal, demikian pula dengan Abdullah Gymnastiar. Sedangkan Dedi Mulyadi yang baru dikenal 50% warga juga memiliki tingkat kedisukaan yang cukup tinggi, sebesar 81%.

Hal menarik lainnya dari survei yang dilakukan SMRC yakni bagaimana dukungan politik warga Jawa Barat untuk pemilihan presiden 2019. Hasilnya menempatkan nama Joko Widodo dan Prabowo Subianto sebagai calon yang masih mendominasi dukungan warga Jawa Barat.

Dalam simulasi dua nama, Jokowi memeroleh dukungan 48,8% warga, sementara Prabowo 43,8%. Dibanding Mei 2017 dukungan terhadap Jokowi mengalami peningkatan sekitar 7.3%, sedangkan Prabowo mengalami penurunan sekitar 8.5%.

 

Hasil selengkapnya bisa dilihat disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *