e-Commerce Indonesia 2017; 132.7 Juta Pengguna Internet, Berapa Belanja Online?

Kanesia.com – Perkembangan pasar digital Indonesia atau yang dikenal dengan istilah e-Commerce yang dalam pengertiannya yakni penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi telah berkembang secara pesat. Data yang dihimpun dari situs ecomeye menyebutkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia semakin hari semakin bertambah, hal ini pun direspon sebagai peluang tumbuh besarnya pasar digital.

Peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017 sangat signifikan, di tahun 2016 jumlah pengguna internet hanya 34% ( 88,1 juta) dari total populasi. Namun bagaimana korelasi antara jumlah pengguna internet dan perkembangan bisnis e-Commerce di Indonesia, dan seberapa banyak orang yang memutuskan untuk belanja via online.

Para pengguna internet memutuskan untuk melakukan pembelian via online berasal dari berbagai sumber dan yang tertinggi dalam angka dan data yakni dari mesin pencari seperti Google.

http://ecomeye.com

Selain dari mesin pencari seperti Google, sebanyak 13% para pengguna internet mendapatkan informasi untuk memutuskan belanja datang dari jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. sisanya sebanyak masing 6% dan 4% ada di situs online merek dagang.

Grafik pencarian pembeli online di mesin pencari Google pada tahun 2015.

http://ecomeye.com

Grafik menunjukkan para pembeli online banyak mengajukan pertanyaan di mesin pencari pada produk grosir dan produk kecantikan dan perawatan  juga produk properti (dari segi pertumbuhan/peningkatan), sedangkan pada segi jumlah atau volume, pertanyaa yang sering diajukan adalah mengenai produk teknologi, mobile phone dan hobi.

Indonesia Digital Landscape 2016

http://ecomeye.com

Pada tahun 2016 lalu menurut data, total perkembangan pasar digital dibandingkan tahun lalu mengalami peningkatan  jumlah. Pengguna Internet 88,1 Juta, 75 juta pengguna Smartphone dan rata-rata waktu menggunakan jejaring sosial 2 jam 25 menit.

Survey Nielsen Global Tahun 2014

Pada kuartal pertama tahun 2014, hasil survey Nielsen Global menunjukkan lima besar kategori produk yang paling diminati. Pertama yaitu produk reservasi tiket pesawat 55% disusul oleh reservasi hotel dan penginapan sebesar 46% dan di posisi selanjutnya adalah produk e-book dan jurnal digital 40% dan di bawahnya sebesar 37% produk fashion seperti kemeja, kaos, akesoris, sepatu dan sebaginya dan yang kelima adalah produk tiket acara seperti pertandingan olahraga.

Sebagaimana pada grafik, pengguna dan pembeli online terbanyak menggunakan mobile phone sebesar 61% dan Komputer Pc sebesar 58% dan kemudian tablet dan lain sebagainya masing-masing 39% dan 12%.

Grafik Perbandingan Angka Pembelian via Offline dan Online

Perusahaan riset pasar Markplus Insight dan Majalah Online Makrketers mengungkapkan survei terakhir mereka tentang perilaku netizen di Indonesia. Ini meliputi penetrasi web, perilaku belanja online dan merek kesukaan.

           “Survei tersebut menunjukkan bahwa Indonesia saat ini memiliki 74.6 juta pengguna internet, meningkat 22 persen dari tahun lalu 61,1 juta. jumlah itu akan melewati 10 juta di tahun 2015”

Studi ini juga menghitung “penetrasi netizen”, dimana id netizen didefinisikan sebagai seseorang yang menghabiskan setidaknya tiga jam per hari secara online. Indonesia kini 31,7 juta orang di tahun ini, meningkat 24,2 juta orang setiap tahunnya.

Studi tersebut mencatat bahwa tingkat penetrasi netizen meningkat sebesar tiga persen. Sekitar setengah dari netizen di Indonesia adalah 30, sementara orang di atas usia 45 tahun membuat 16,7 persen netizen. Kebanyakan netizen mengakses web via samartphone (86 persen) dan menghabiskan antara Rp. 50.000 dan Rp100.000 setiap bulan untuk akses internet.

*sumber data: ecomeye.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *