5 Cara Praktis Menghilangkan Bau Sepatu Dalam 10 Menit Tanpa Dicuci

Kanesia.com – Kamu pasti punya sepatu kesayangan dan pastinya di tiap aktifitas keseharian itu kamu memakainya. Namun bagaimana jika sepatu kesayanganmu menimbulkan bau tak sedap hingga menyengat. Hal ini tentunya membuat kamu menjadi kurang percaya diri dan juga dapat membuat orang sekitarmu merasa tidak nyaman.

Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan sepatu itu bau? apa kakimu yang memang pada dasarnya yang menyebabkan sepatu itu bau. Nah berikut penjelasannya. Menurut ahli, penyebab bau tak sedap pada sepatu adalah karena adanya aktivitas pertumbuhan bakteri pada kaki maupun alas kaki. Sebenarnya keringat tidak berbau, hanya saja jika kondisi kaki yang berkeringat selalu tertutup, maka dapat menimbulkan bau kaki yang menyengat. Bakteri penyebab bau kaki bernama Brevibakteria yang memakan sel-sel kulit mati dengan cara mengubah asam amino metionin menjadi metanetiol sehingga menimbulkan gas yang berbau tidak sedap.

Nah penyebabnya sudah diketahui lalu bagaimana untuk menghilangkannya, berikut cara praktis yang dapat dilakukan dalam waktu kurang dari 10 menit.

1.  Taburkan Baking Soda di dalam sepatu

Baking soda adalah garam kimia yang punya beragam fungsi. Baking soda bersifat basa lemah sehingga berguna untuk menetralisasi asam dan memecah protein.

Letakkan kantung berisi baking soda pada bagian dalam sepatu. Diamkan seharian atau lebih dan bau pada sepatu akan hilang. Untuk penggunaan maksimal, sepatu bisa kita masukkan ke dalam boksnya. Dengan begini, baking soda akan lebih fokus menetralisir bau pada sepatu.

Jika ingin lebih praktis, baking soda bisa ditaburkan begitu saja pada sepatu tanpa kantung. Kocok sepatu agar baking soda bisa merata sampai ujung sepatu. Baking soda  bisa dikeluarkan saat kita akan menggunakan sepatu. Cara ini akan ampuh menyerap kelembaban dan bau pada sepatu. Untuk sepatu yang sangat berbau, biarkan baking soda di dalam sepatu untuk waktu yang lama.

2.  Gunakan kaos kaki dan ganti secara berkala

Apakah ada di antara kalian jika mengenakan sepatu tidak memakai kaos kaki. Untuk mengantisipasi bau tidak sedap yang akan timbul pada sepatumu maka gunakanlah kaos kaki dan setelah menggunakannya cuci dan pakailah yang baru. Kaos kaki berfungsi menekan pertumbuhan bakteri dan menyerap keringat saat menggunakan sepatu. dan ingat gantilah tiap tiga hari sekali.

3. Simpan semalaman kantung teh di sepatumu

Jika tips di atas masih ribet menurutmu, maka cobalah cara sederhana dengan menaruh kantung teh ke dalam sepatu selama semalaman dan besok akan kembali segar. Daun teh memberikan kesegaran dan menyerap segala bau yang ada, kantung teh biasanya juga digunakan untuk menhilangkan bau pada lemari pendingin.

4. Taburkan bedak bayi

Pada dasarnya bedak bayi itu memiliki tingkat keharuman cukup tinggi dan sangat cepat menetralisir bau dan menyerap keringat dan menghentikan pertumbuhan bakteri. Selain itu pemnggunaan bedak bayi juga sederhana karena warnanya yang putih sehingga tak perlu repot membersihkan kembali.

5. Bubuk atau biji kopi

nah, cara yang terakhir dan paling sering orang pakai untuk menghilangkan bau menyengat adalah dengan kopi. caranya mudah, bungkus bubuk atau buji kopi dengan tissue dan taruh ke dalam rongga sepatu, lalu biarkan semalaman. cara ini benar-benar ampuh. selamat mencoba.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *