Demo Besar-Besaran Bentor dan Pete’-Pete Makassar Hari Ini, Hindari Jalan-Jalan Berikut.

Posted on

Makassar, Kanesia.com – Pertarungan bisnis angkutan darat sedang mengemuka. Mengemuka karena ada demo dari PPAD dan pengemudi taksi di Jakarta. Sebenarnya pertarungan macam ini antara pengusaha taksi model lawas dengan pengusaha jasa angkutan model baru menggunakan aplikasi juga terjadi di banyak negara. Bahkan sudah beberapa bulan atau mungkin lebih dari setahun lampau. Namun tentusaja para konsumen di negeri ini juga menunggu kehadiran moda transportasi yang baru dan menjanjikan kenyamanan tersebut, apalagi murah.

Pertarungan inipun membuka banyak orang untuk melihat dan berpikir seperti yang dituliskan Professor Rhenald Kasali di tulisan Selamat Datang Sharing Economy di Koran Sindo, juga tulisan Nukman Luthfie di Kompas yang berjudul Pengusaha Taksi Melawan Konsumen Mereka Sendiri. Rhenald Kasali menyoroti tentang persaingan model bisnis antara bisnis model lawas yang oligarki dan bisnis model baru yang berbasiskan crowd. Professor ini juga menyarankan sperti yang dituliskan Nukman bahwa pengusaha seyogyanya dapat beradaptasi dengan konsumennya, bukan lebih arogan dan memungut laba tanpa mempedulikan hak-hak dan kenyamanan konsumen sebagaimana konsep layanan yang baik.

Penggunaan aplikasi dalam smartphone memang memudahkan meskipun ada prasyarat di dalamnya seperti harus memiliki smartphone, bisa mengoperasikannya dan berisi pulsa atau memiliki koneksi data (yang itupun dijual berdasarkan kuota). Bisa membaca peta online, memahami konsep map atau GPS tagging, dan dituntut keaktifan oleh pengguna layanan, maupun penyedia layanan. Belum lagi di sisi penyedia layanan yang harus mendevelop aplikasi yang tidak murah, aman dan mampu menjangkau serta digunakan ribuan user dalam waktu yang bersamaan. Jelas membuat ini lebih sulit daripada membuat regulasi yang dapat membela baik konsumen dan penyedia layanan yang hanya tinggal diketik dan ditanda tangani, dan memiliki akal sehat. Pengemudi pun harus memiliki smartphone, GPS, bisa mengoperasikannya, pulsa dan juga kendaraan untuk digunakan menjadi penjual jasa layanan angkutan, yang penilaiannya pun dilakukan sendiri oleh kustomernya. Benar-benar pusing bagi pemerintah dan pengusaha konvensional yang tahunya hanya bagimana menarik pajak dan laba, karena sudah mendirikan perusahaan dan ijinnya.

Menyikapi hal tersebut, para pemilik angkutan umum yang merasa dirugikan dengan keberadaan taksi online berencana akan melakukan demo besar-besaran. Berikut beberapa info penting yang tersebar di media sosial terkait aksi demo hari ini di Makassar.

Info Demo lagi Bentor dan pete2 Makassar Hari Ini.

1. Titik Kumpul perwakilan bentor:

a.Cenrawasih (depan cendrawasih Squere) Dg. Nai 085398573388
b.Tamalate 1 (Makateks) kordinator Ali Mashuri
c.Panakukang (MP bolevard) Wisnu
d.Tallo (Al Markas) Dg. Lallo

2.Titik Kumpul Pete-pete (dikordinir oleh ketua organda)

a.Sungguminasa (Malengkeri) Firman
b.Cendrawasih (pabrik gelas)
c.Veteran (bundaran pa’baeng-baeng)
d.Ikip (ujung perttarani)
e.Pannampu
f.Antang (perumnas)
g.SMA 5 (borong raya)
h.Tallo (ujung pandang baru)
i.Daya (Terminal depan koramil)
j.BTP (lampu merah)
k.Bandara (Pengendapan)
l.Maros (terminal maros)
m.Kampus Unhas

3. Titik kumpul taksi di pool masing2
4. Rute aksi

a. Makateks lewat kumala menuju bundaran baeng-baeng ke pettarani bergabung dengan pete-pete menuju ke kantor gubernur

b.Cendrawasih squere lewat kakak tua bergabung di bundaran baeng-baeng menuju pettarani

c. Gowa terus lewat alauddin ke pettarani

d. Titik yang lain jalan langsung menuju jalan urip sumoharjo menuju kantor gubernur

5.Titik aksi kantor gubernur
6.Perangkat aksi

7. Catatan –catatan :

a.Apabila ada angkutan pete-pete, taksi, taksi bandara, taksi online, ojek, gojek, motor online, bentor dll yang beroperasi pada tanggal 1 November 2017 dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di jalan diluar tanggungjawab kami sebagai pelaksana aksi.

Terkait dengan itu, Disampaikan warga Makassar dan sekitarnya untuk sementara tdk menggunakan transportasi Online dan bagi pengemudi Transportasi Online berhati hati dijalan menghadapi Demo 3 Hari ini.

Bagi yg ingin ke Bandara mohon berangkat 4 jam lebih awal dari biasanya, menghindari kemacetan dan Demo besar besaran yg menyusahkan Masyarakat banyak..

😇share ke semua Sanak keluarga dan teman2😇

Salam Satu Aspal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *